Cara mewarnai gambar hasil Scan dengan vektor photoshop

Kamis, 04 Juli 2013
Akhirnya bisa buat thread baru dibulan ini hehe, lama gak jumpa, masih inget sama saya? pastinya udah lupa dong... lanjut aja dah langsung, bagi agan agan yang baru punya scanner dan masih nubi kayak ane, pasti mikir gimana caranya ngewarnain hasil scan, apalagi hasil scannya kurang jelas, walau udah di tebelin pake spidol tapi tetep kurang jelas, makanya ane ngasih tau caranya pake vektor photoshop tapi kalo pake vektor jadi lama gan hehe , jelas ga jelas gambar pasti bisa diwarnain...
oke, persiapkan ini sebelum dimulai:
1. Sotosop (ane pake CS3)
2. Kesabaran (ini paling penting)
3. Scanner (punya ane CANON PIXMA MP287) bukan mau iklan ya :p
pertama tama baca basmalah, dan perhatikan dengan sesama tutorial berikut dengan tempo yang sesingkat singkatnya...
1. Buka Photoshop

2. Scan gambarnya (bagi yang belum tau caranya => klik File > Import > Pilih brand scanner agan

3. maka akan muncul kayak gini:

4. trus klik aja SCAN gan, tunggu loadingnya
5. ini hasil scan ane, gambar asli buatan ane jadi maaf kalo jelek hehe...

6. trus pilih pen tool, tau pen tool kan gan, taulah pastinya, ane jelasin sedikit tentang pen tool gan, sebenernya pen tool ini buat nyeleksi gambar, kemampuan tangan agan buat megang mouse juga berpengaruh buat pen tool ini gan, setelah klik pen tool dibagian atas klik centang pada Rubber Band, liat gambar


7. oke, mulai dengan rambut gan, pastiin Fill di tabel layer 0% gan biar gampang
 8. oke, Rambut selesai nih gan, biar keliatan lagi fill yang 0% jadiin 100% lagi

9. biar jadi gaberibet dilayer, dibuat grup aja gan caranya CTRL + G, trus ganti namanya (klik dua kali) jadi misalnya rambut 


10. setelah itu, mulai pake pen tool lagi terserah agan mau mata atau wajah dulu kalo ane wajah dulu

11. buat grup layer kayak tadi tapi namanya wajah hehe, trus ganti warna wajahnya jadi warna kulit, kalo ane #ffc9ae

12. sekarang kemata gan, sebelum kemata ilangin dulu tanda visibility di layer wajah gan:
13. pas buat bola matanya, layernya diklik kanan trus klik create clippink mask ya gan hehe

14. nah buat warnain bibir ama idung pake brush aja gan, tau kan?

15. trus dikasih stroke(garis pinggiran) gan tiap layer, kecuali bibir sama idung yang pake brush tadi
16. oke, buat warnain leher, cari warna kulit yang lebih tua gan, ane pake #fdb18b
17. lanjut ke semua pewarnaan sampe selesai gan.

kalo ada yang nanya, kok cuma gini gan? baiklah kalo begitu ane akan jawab mari lanjut ketahap yang berikutnya, tahapini ane namain Shadow Gradasi Warna, kalo agan terserah mau kasih nama apa aja

1. oke pertama buat shadow dirambut, buat layer jadi duplicate (CTRL + J) setelah itu levelnya jadiin lebih muda dari warna aslinya (CTRL + L) oh iya sebelum diatur levelnya diconvert trus di rasterize dulu ya gan, jika sudah, blur dengan klik filter > blur > Gaussian blur

2. atur blurnya, kalo bisa ampe full, trus layernya dicreate clipping mask diatas layer rambutnya kalo masih terlalu berkilau rambutnya opacity layernya dikurangin gan, jadi hasilnya begini, beda kan ama yang tadi, agak berkilau kilau gimana gitu


3. sekarang ke wajah gan, kalo diwajah agak beda nih gan, pertama duplicate dulu layer wajahnya kayak tadi, trus di atur levelnya, kalo yang ini cari warna lebih tua gan, kalo udah diklik layer>layer mask>hide all
trus warnain pake brush, pastiin warna putih diatas warna hitam, trus diblur kayak tadi

4. udah deh gan, tinggal diikutin aja semua warna gradasinya, trus kalo mau kasih garis garis tambahan , pake brush aja gan hehe

5. oh iya sampe lupa, ane pengen ngasih tau cara buat warna matanya nih gan, stroke dimata ditebelin aja gan, trus dikasih inner shadow, atur aja sesuai agan maunya. trus klik OK


6. trus buat buletan cahaya, yang begini, trus diclipink mask ya gan

7. kelanjutannya agan kreasiin sendiri ya hehe :Peace: , kalo ane jadinya gini:
8. hehe, mata satunya samain ya gan hehe...
9. udah deh gan selesai, ini hasilnya:


karya ane lainnya:


Sekian dulu ye gan, maaf kalo kurang jelas
kalo mau copas jangan lupa pasang  sumbernya
ichwanulzain.blogspot.com

+ komentar + 3 komentar

Anonim
2 Juli 2013 07.42  

puyeng banget sumpah gan

Anonim
4 Juli 2013 20.25  

ribet gile gan
tapi karya ente yang megang pedang keren banget gan

10 September 2013 07.18  

kalo ga ada photoshopnya downloadnya gimana ???

Poskan Komentar

KOMENTARLAH SEBELUM KOMENTAR ITU DILARANG